Overclocking, Tingkatkan Kinerja CPU Android

Achmad Nofandi Reply 1:55 PM
Pernah gk sih ngerasain pas lagi seru - serunya maenin game, eh tiba tiba ngelag bahkan sampe not responding. Bisa jadi penyebabnya adalah tidak mampunya CPU bekerja secara optimal. Tapi tenang sob, semua itu bisa diatasi dengan overclocking. Apa itu overclocking ? Simak aja sob!

Overclocking?



Smartphone berbasis Android ataupun OS lain, sebenarnya sangat mirip dengan komputer pribadi atau laptop. Seringkali ketika kita hendak membeli laptop atau komputer, kita pasti akan bertanya: “Apa sih prosesornya?” atau “Berapa Giga?” Nah, sekarang pun, ketika membeli perangkat Android, kamu akan melihat bahwa produsen menuliskan jenis serta kecepatan prosesor yang ada dalam handphone tersebut.

Contohnya ada banyak: Exynos, Snapdragon, Qualcomm, ARM, Tegra, MediaTek (MTK), dan diikuti dengan kecepatan serta jumlah inti/otak/core yang dimiliki, contohnya: 1GHz, 1,5GHz, quad-core, dual-core dan lain sebagainya. Inilah pusat dari seluruh proses yang berjalan dalam smartphone kamu, dengan kata lain ‘otak’ dari smartphone. Bagaimana kalau otak ini menjadi lebih cepat? Tentu saja proses pekerjaan akan lebih cepat selesai, gerakan lebih mulus, dan lain sebagainya.

Overclock adalah menjalankan prosesor pada kecepatan di atas kecepatan standar, atau di atas kecepatan bawaan pabriknya. Misalkan bawaan handphone murah adalah prosesor 1GHz, kita meng-overclocknya jadi 1,6GHz.

Untung & Rugi Overclocking CPU?



Kelebihannya tentu saja aplikasi berjalan dengan lebih cepat dan lancar, game berjalan dengan lebih mulus. Sistem menjadi lebih responsif, dan semuanya berjalan dengan membutuhkan waktu operasional yang lebih sedikit.

Kekurangannya overclock, tentu saja sistem menjadi lebih panas, ini karena prosesor yang bekerja lebih keras membutuhkan daya listrik lebih besar, yang membuatnya mengumpulkan panas lebih tinggi, dan membuat baterai lebih boros.

Kekurangan lain adalah faktor resiko, tentu saja. Resiko umum seperti brick (mati total), bootloop (tidak bisa memasuki OS), dan lain sebagainya.

Untuk tutorial overclocking akan diposting secepatnya 

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search

Follow us

Popular Posts