Berita Target Acquired

Achmad Nofandi Reply 12:59 AM

Target Acquired – Proyek Ambisius Dari Touchten Yang Menggalang Dana Di Kickstarter




Minggu ini, salah satu developer game paling populer dari Indonesia, Touchten Games, meluncurkan kampanye Kickstarter yang bisa dibilang cukup ambisius. Kampanye Kickstarter yang menargetkan pendanaan sebesar US$10.000 (sekitar Rp 120 juta) ini dibuat untuk membantu proses pengembangan game terbaru mereka yang berjudul Target Acquired.

Target Acquired adalah sebuah game bertema futuristis di mana kamu akan mengendalikan Yura Anders, seorang polisi wanita dari kota Nekomipolis. Sebagai Yura, kamu harus menjalankan tugas menghadapi masalah yang menerpa Nekomipolis dengan cara menghabisi robot-robot pengganggu yang berkeliaran di level. Gameplay utama dari Target Acquired bisa dibilang sebagai semacam runner tapi dengan elemen shooter. Touchten mendeskripsikan game ini layaknya gabungan dari Megaman dan Temple Run.
Target Acquired | Screenshot 1


Tapi tidak seperti game runner pada umumnya yang biasanya memiliki kontrol dan variasi yang simpel dan minim, dalam Target Acquired kamu bisa melakukan berbagai gerakan layaknya Megaman seperti bermanuver atau menembaki musuh, dan bahkan kamu bisa mengendarai kendaraan khusus yang nampak sangat keren. Selain itu, kamu juga akan dihadapi dengan berbagai pertarungan melawan bos yang nampak seru.

Dari potongan klip yang ada di laman Kickstarter mereka, terlihat adegan melawan bos yang cukup mengingatkan saya akan game cover shooter atau game rail shooter seperti Time Crisis. Entah skema kontrol yang bagaimana yang akan digunakan dalam pertarungan melawan bos, tapi yang jelas dari animasi singkat yang ada saya sangat penasaran dengan bos-bos yang ada di game ini.
Target Acquired | Screenshot 2
Pertarungan melawan bos dalam Target Acquired
Satu hal yang membuat Kickstarter dari Target Acquired cukup berbeda dengan game lain adalah akses yang diberikan. Jika kebanyakan game menawarkan akses ke game versi beta di harga yang cukup tinggi, maka Touchten justru melakukan sebaliknya. Hanya dengan menyumbang $10 atau sekitar Rp 120.000 (nilai sumbangan terendah kedua yang ditawarkan) maka kamu sudah bisa mencicipi akses ke versi beta. Menurut Anton Soeharyo selaku CEO dari Touchten, mereka mengambil keputusan ini karena ingin mendekatkan diri dengan fan secara langsung bahkan saat proses pengembangan masih berlangsung. Metode ini cukup mengingatkan saya akan cara kerja Steam Early Access yang saat ini juga tengah dijajal oleh developer lokal Toge Productions melalui game Infectonator: Survivors mereka.

Selain hal di atas, ada satu lagi hal spesial di Kickstarter game ini. Nantinya Target Acquiredakan tersedia untuk Android dan iOS, namun jika kamu ikut berkontribusi dan mendapatkan akses beta ke game ini, maka secara khusus kamu bisa meminta versi Windows PC atau Mac dari Target Acquired. Versi ini tidak akan bisa kamu dapatkan selain melalui Kickstarter. Namun sayangnya, karena memang Target Acquired didesain untuk mobile, versi PC dan Mac hanya akan tersedia dalam fase beta saja.
Target Acquired | Concept
Concept art untuk desain level


Fase beta sendiri direncanakan tersedia awal 2015. Saat ditanya mengenai keputusannya untuk menjanjikan rilis beta yang cukup mepet dari sekarang, Anton mengatakan bahwa timnya telah menggodok game ini selama 6 bulan terakhir. Tentu saja mereka tidak akan nekat menjanjikan waktu yang mepet jika persiapan yang ada belum matang.

Untuk mewujudkan Target Acquired, Touchten juga menggandeng beberapa anggota dari luar untuk ikut terlibat dalam pengembangan game. Orang pertama adalah Manami Matsumae, komposer musik dari seri Megaman klasik, serta komposer dari game Mighty No.9 yang dikembangkan oleh kreator dari Megaman juga. Kerja sama dengan Manami Matsumae ini bisa terwujud berkat bantuan dari Brave Wave Productions yang menghubungkan Touchten dengan Matsumae. Selain Manami Matsumae, Touchten juga menggandeng Ryo Teruya yang sebelumnya sempat diwawancarai Games in Asia di ajang Global Game Jam 2014. Teruya merupakan mantan CEO Square Enix Smileworks yang kini berperan sebagai konsultan untuk Target Acquired.
Target Acquired | Bonus
Bonus yang bisa kamu dapatkan jika mendukung game ini melalui Kickstarter


Melihat proyek seperti ini, saya semakin optimis saja dengan perkembangan industri game mobile serta industri game dalam negeri yang semakin hari semakin berani untuk menjawab tantangan atas stigma negatif yang dimiliki industri game sekarang. Saya yakin, gameseperti Project Golem dari Agate Studio, Celestian Tales: Old North dari Ekuator Games, Pale Blue atau Inheritage dari Tinker Games, Infectonator: Survivors dari Toge Productions,DreadOut dari Digital Happiness, dan tentu saja Target Acquired dari Touchten ini bisa semakin membuktikan kemampuan Indonesia di mata dunia sebagai negara dengan berbagai tim developer yang tidak bisa dianggap enteng.

Jadi, sebagai gamer, jangan ragu-ragu untuk tunjukkan dukunganmu agar Target Acquiredbisa terwujud ya. Hitung-hitung sambil kamu mendukung perkembangan game dalam negeri, kamu juga berkesempatan untuk memainkan game keren lebih dulu daripada kebanyakan gamer lain yang tidak ikut mendukung.

Game Target Acquired besutan Touchten berhasil galang dana Rp 120 juta di Kickstarter!



Ini merupakan hari yang menggembirakan bagi game developer lokal Touchten. Mereka telah berhasil menggalang dana sebesar USD 10.000 (Rp 121 juta) untuk game mobile terbarunya bernama Target Acquired di platform kampanye online Kickstarter, dan masih memiliki 18 hari lagi untuk menggalang dana lebih banyak. Melalui halaman Kickstarternya, tim Touchten berencana menambahkan reward kepada para pendukung apabila mereka berhasil mencapai target penggalangan dana USD 15.000 (Rp 182 juta).

Di Target Acquired, Anda akan memainkan seorang polisi kucing wanita untuk menjaga keamanan kota Nekomipolis dari seorang robot tikus pencuri terkenal. Ini merupakan gameendless runner side scrolling yang seperti dijelaskan tim Touchten, bagaikan gabungan game mobile Temple Run dan game robot klasik Mega Man.

Dalam usahanya menggalang dana, tim Touchten sempat berhasil memasukkan gambar kampanye game mereka pada rubrik Hot dari 9gag:
target acquired 9gag
Touchten merupakan game developer lokal pertama yang berhasil menggalang dana melalui platform kampanye online untuk sebuah game mobile. Tiga game developer lain yang telah berhasil melakukannya menggalang dana untuk game PC: Tinker Games, Ekuator Games, dan Digital Happiness.
Sumber: id.techinasia.com, https://www.kickstarter.com, 9gag.com

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search

Follow us

Popular Posts