15 RPG Terbaik untuk Android Versi Tech in Asia Indonesia

Achmad Nofandi 1 2:51 PM
RPG bisa dibilang merupakan genre yang bisa kita jumpai di berbagai platform gaming, baik itu console rumahan hingga mobile. Di Android sendiri terdapat banyak sekali RPG, namun tak semua memiliki kesetaraan kualitas yang membuatnya layak berada di deretan terbaik. Untuk itulah daftar ini kami buat agar membantumu menemukan beragam judul RPG berkualitas nan seru yang tak boleh kamu lewatkan.

Sebelum mulai mengamati deretan RPG berikut ini, ada baiknya saya juga berpesan kepada kamu bahwa beberapa game di daftar ini sebagian besar berbayar, demi pengalaman bermain RPG yang benar-benar berkualitas. Semoga komitmen kamu melakukan grinding dalam permainan RPG benar-benar terpuaskan lewat pilihan judul game dari kami. Selamat bermain.

Update: Kami telah mengeluarkan beberapa game lama yang dinilai kurang relevan untuk mengisi deretan RPG terbaik. Beberapa game yang kami keluarkan antara lain: Ragnarok Valkyrie, Ravensword Shadowlands, serial Zenonia, dan lain-lain.

Shadowrun: Dragonfall

Jika selama ini di benakmu RPG identik dengan dunia medieval fantasi, invasi kaum orc, dan aksi pembantaian naga, maka kamu akan menemukan sesuatu yang berbeda lewat adaptasitabletop RPG satu ini. Shadowrun: Dragonfall hadir mengusung dunia fantasi bernuansacyberpunk, di mana segala sesuatunya terlihat futuristik, kumuh, namun penuh beragam teknologi canggih.

Game yang konon memiliki durasi selama 12 jam ini memiliki kualitas grafis yang terbilang cukup baik. Di sini kamu tak hanya melihat bahwa setiap latar belakang dibuat dengan detail, tapi juga penggambaran karakter NPC dan lingkungan yang berwarna-warni. Bagian terbaiknya lagi, game ini menyertakan enam kelas karakter futuristik yang tak akan kamu temui di game lain, mulai dari Street Samurai, Mage, Shaman, dan lain sebagainya.

Knights of Pen & Paper 2

Knights of Pen Paper 2 | screenshot
Dari sekian judul RPG mobile yang ada di sini, Knights of Pen & Paper 2 merupakan referensi game pilihan yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Apa yang membuat gameini tampak begitu menarik adalah pengambilan tema tabletop RPG ala Dungeon & Dragonyang tidak biasa untuk jenis RPG mobile.

Selain itu, di sini kamu juga bebas menentukan sendiri urutan quest yang akan kamu jalankan lalu mengatur berapa jumlah musuh yang ingin dilawan. Pilihannya semua ada di tangan pemain, dan juga bimbingan seorang dungeon master tentunya.


Inflation RPG

Inflation RPG | screenshot
Apabila unik adalah kriteria utama yang kamu cari dalam sebuah RPG, maka hal tersebut bisa kamu temukan lewat Inflation RPG. Bisa dibilang ini merupakan game dengan mekanisme grinding paling tidak biasa untuk ukuran RPG. Selain menggunakan mekanismeleveling dengan angka experience hingga berjuta-juta, Inflation RPG juga memperkenalkan cara baru menikmati grinding tanpa memakan waktu berjam-jam.

Chaos Rings III



Memang cukup sulit untuk menyarankan Chaos Rings III dengan harganya yang sangat mahal. Namun jika berbicara RPG dengan tampilan 3D yang memukau, maka Chaos Rings IIIadalah kandidat terbaik yang menawarkan pengalaman RPG berkualitas console di genggaman perangkat mobile.

Sama seperti pendahulunya, Chaos Rings III memiliki aktor pengisi suara yang baik,cutscene keren, musik orkestra khas RPG Jepang, cerita yang menarik dengan banyak dialog, dan juga sistem battle turn-based yang seru. Jadi, apa lagi yang kurang?



Final Fantasy Tactics: The War of the Lions

FF Tactic | screenshot


Sejak pertama kali muncul, Final Fantasy telah menjadi ikon RPG berkualitas yang layak untuk dikembangkan lewat beragam spin-off menarik, salah satunya seperti Final Fantasy Tactics: War of the Lions.

Walaupun lebih kental mengusung elemen strategi dibandingkan serial Final Fantasylainnya, namun Square Enix tetap mempertahankan beragam elemen yang membuat Final Fantasy begitu dikenal banyak orang.

Berbicara soal cerita, well … saya pikir kamu tak perlu meragukan game ini karena Final Fantasy Tactics: The War of the Lions memiliki intrik politik yang tak kalah bagus dengangame Final Fantasy lainnya.


Dragon Quest

Dragon Quest | screenshot


Sebelum merger menjadi Square Enix, Enix awalnya merupakan developer yang dikenal lewat seri Dragon Quest. Tak sedikit yang mengatakan bahwa Dragon Quest adalah pionir JRPG yang mendorong lahirnya game Final Fantasy dan sejenisnya.

Layaknya porting game klasik Square Enix lainnya yang kamu temukan di mobile, di sini kamu akan menjumpai cerita fantasi tentang melawan kejahatan, grafis 16-bit dan sistemturn based yang tak lekang dimakan oleh waktu.

Sorcery!

Sorcery | screenshot
Sebagai game choose your own adventure dengan penekanan dunia fantasi yang sangat terasa elemen RPG di dalamnya, presentasi Sorcery! memang tergolong berbeda dibandingkan judul RPG lain dalam daftar ini. Namun apabila kamu mengandalkan imajinasimu dan tak menghiraukan presentasi, maka kamu akan menjumpai sebuah permainan RPG yang tak hanya seru, namun juga memberikanmu alasan untuk mencintai aksi role-playing dalam permainan gamebook seutuhnya.


Reaper

Reaper persembahan dari Hexage adalah game action dengan elemen RPG yang tiada duanya. Di sini kamu menjumpai sebuah petualangan seru diiringi gameplay action scrollingyang cukup solid, dan mengingatkan saya akan serial Tales di console.

Sebagai game gratis, Reaper awalnya merupakan sebuah demo yang membolehkanmu untuk menikmati gameplay di dalamnya hingga sang protagonis mencapai level sepuluh. Apabila kamu terpuaskan dengan alur permainannya yang seru, tak ada salahnya untuk membeli versi penuh game ini lewat penawaran in-app purchase.

Chrono Trigger

Chrono Trigger merupakan sebuah game yang bagus dan akan tetap akan selalu dikatakan demikian walaupun sudah dirilis belasan tahun yang lalu. Game ini mendapat nilai penuh dari berbagai gamer di seluruh dunia karena tak hanya menyajikan gameplay yang seru, tapi juga cerita perjalanan lintas waktu yang tidak terlalu rumit namun tetap menarik untuk diikuti. Jika kamu ingin mencoba salah satu RPG terbaik yang dirilis ulang ke mobile, maka jangan lewatkan Chrono Trigger.


Crashlands



Crashlands bisa dibilang merupakan kombinasi RPG dengan elemen adventure survivalterbaik yang membuatnya berbeda dibandingkan game sejenis di luar sana. Selain penyajian dunia planetnya yang unik, kelebihan game ini juga terletak pada banyaknya pilihan craftingyang berguna untuk membantumu bertahan menjalani kerasnya planet Woanope.

Dengan kedalaman gameplay yang dimilikinya, Crashlands tak hanya menjadi game survival adventure yang seru untuk dimainkan, tapi juga sebuah RPG simpel dengan fitur menarik dan replay value yang sangat tinggi. Jika kamu mengaku sebagai penggemar RPG dan berniat mencoba sesuatu yang belum pernah ada di platform mobile sebelumnya, maka kamu berutang satu hal untuk segera mencoba Crashlands.

Record of Agarest WarRecord of Agarest War | screenshot

Record of Agarest War saya pikir bukanlah game console yang diingat banyak orang. Kualitasnya mungkin tergolong biasa dan umurnya juga sudah hampir tujuh tahun. Namun untuk standar game mobile masa kini, kualitas game yang satu ini terbilang sangat baik. Versi Android Record of Agarest War bahkan mudah untuk dinobatkan sebagai salah satu suguhan RPG terbaik yang bisa kamu temukan di Google Play Store.

Secara umum, gameplay pada Record of Agarest War bisa dibilang mirip dengan Final Fantasy Tactics, sehingga kamu yang sudah pernah memainkannya akan langsung familier dengan game satu ini. Yang membuatnya semakin unik adalah sistem dating simulation, di mana kamu dapat mengejar salah satu karakter wanita yang ada untuk dinikahi dan memiliki keturunan dengannya.


The Banner Saga

The Banner Saga | screenshot


Sekilas The Banner Saga terlihat seperti film animasi klasik buatan Disney yang cukup terkenal di masanya. Namun seandainya kamu melihat lebih dalam lagi, The Banner Saga tak hanya sekadar menyuguhkan cerita legenda Norse yang epik, tapi juga gameplay seru diiringi dengan pengambilan keputusan yang penuh konsekuensi.

Apabila kamu merupakan penggemar RPG strategi, jelas kamu tidak boleh melewatkan The Banner Saga. Banyak orang yang membandingkan The Banner Saga dengan beragam gamestrategi terkenal lainnya seperti XCOM, Final Fantasy Tactics, dan Fire Emblem, hanya saja dibalut tampilan animasi keren yang terkesan unik dan menakjubkan.

Steven Universe: Attack the Light



Selain The Banner Saga, Steven Universe: Attack the Light bisa dibilang merupakan RPG kedua dengan visual animasi yang tak kalah menarik untuk kamu coba, bahkan Attack the Light bisa dibilang semacam persembahan RPG paling fun yang pernah saya mainkan di perangkat mobile.

Attack the Light mempunyai cerita yang lucu dan sama menariknya dengan tayangan serial animasi Steven Universe di Cartoon Network. Baik itu kamu sudah melihat serial Steven Universe maupun belum sama sekali, Attack the Light tetap merupakan hiburan RPG menarik yang bisa kamu temukan di Android.


Battleheart Legacy

Battleheart Legacy | screenshot


Rasanya saya tak perlu panjang lebar lagi untuk menjelaskan sekuel Battleheart yang dua kali melengkapi deretan RPG terbaik kami. Dalam game ini, kamu diberikan banyak pilihan untuk membuat kelas karakter yang kamu inginkan dalam sebuah RPG, mulai dari seorang Barbarian yang merangkap sebagai Ninja, penyihir sakti yang sanggup melarikan diri bak seorang Rogue, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, kamu juga diberi kebebasan untuk membunuh seluruh NPC yang ada dalamBattleheart Legacy dan merusak jalan cerita yang diberikan.

The World Ends with YouThe Worlds End With You | screenshot

Lagi-lagi sebuah RPG persembahan dari Square Enix menempati deretan terbaik dalam daftar ini. Meskipun The Worlds Ends with You merupakan porting dari sebuah RPG terbaik di Nintendo DS, setidaknya versi mobile kali ini tak sekadar memberikan detail tampilan yang lebih oke, tapi juga adaptasi kontrol touchscreen yang tak kalah responsif dengan versihandheld.

Selain dua nilai positif tadi, kelebihan lain The World Ends with You juga berasal dari penggunaan lokasi Shibuya yang dibalut dengan musik elektro-pop dan hip-hop yang terdengar asyik di telinga. Dengan kombinasi beberapa kelebihannya tadi serta penyajian grafis ala visual novel yang menawan, The World Ends with You menjadi salah satu JRPG unik dan berkualitas yang bisa kamu temukan di Android.
\

Sumber: id.techinasia.com, play.google.com, youtube.com, unes.apple.com

1 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search

Follow us

Popular Posts